tav

24 April 2013

Karakter


MEREKA ADA DISEKITAR KITA, DAN KITA SATU DIANTARANYA.

Ada beberapa analogi yang mungkin bisa kita jadikan iktibar untuk DISIKAPI dengan SIKAP yang SIGAP. Ini hanya perumpamaan dengan bahasa yang tegas dan menjadi bagian dari suatu tindakan.

Bukan untuk mendiskriditkan namun lebih kepada tindakan dan sikap waspada terhadap beberapa kriteria berikut.

PERTAMA, karakter LALAT.
Lalat, satu diantara ciptaan Tuhan yang baik untuk dijadikan pelajaran. Lalat walaupun seeokor brisiknya seperti sekampung, ndak makan aja brisik apalagi kalau makan.

Bayangkan jika LALAT udah berkumpul......ngerumpi . Kegemarannya hampir selalu pada yang TAK BERSIH, walau iapun SUKA pada yang bersih namun tetap saja mau hinggap ditempat yang tak bersih. (perlu diajarin cuci kaki n mulut tuh). LALAT selalu ASAL. Asal duduk, asal nyicip, asal BA Besar, selalu asal. (maklum sih namanya juga hewan). Nah karakter LALAT ini perlu disikapi dengan WASPADA SATU.

KEDUA, karakter NYAMUK.
Delapan Enam dengan lalat. Tapi ini lebih EKSTRIM, ndak kenal istirahat, sampai-sampai badannya ndak ada yang GEMUK. Lebih ndak enak lagi kalau udah makan, ....... yang kelihatan cuma buntutnya. Makan selalu nungging. (perlu diajarin tatakrama tuh). Namun NYAMUN lebih gentlemen, sendiri juga berani terkadang ndak brisik. Namun tetap WASPADA SATU, karena sekali mereka makan n minum, mereka tidak hanya “meminta” tetapi juga “memberi” masalah.

KETIGA, karakter SEMUT.
Nah yang ini agak luman dikit, Ndak bakalan brisik walau mereka kumpulnya sekampung. Hobinya suka yang manis, pantang ada kawannya .... pasti pelukan (entah itu perempuan atau laki). Ndak kenal muhrim atau bukan yang penting pelukan. Kalau yang ini WASPADANYA PADA RING DUA udah CUKUP

KEEMPAT. Karakter LEBAH.
Yang ini bukan DIWASPADAI tapi justru DICARI. Walau brisik tapi mereka ngerti pada tempat dan waktunya. Ndak pernah ngeganggu,...tapi jangan coba-coba diganggu. Makan dari YANG baik dan cantik serta harum, memberi juga sesuatu yang BAIK, CANTIK dan HARUM. Nih karakter setia kawan banget, sayang menyayangi, siap berkorban pada orangtua. Walau ndak pelukan, mereka tetap setia. Badan mereka selalu tegap ... wong makannya yang bergizi seh.......

Dari keempat KARAKTER tersebut, ................... anda termasuk yang mana?





Share This


Like This

No comments :

Post a Comment

Silahkan menyampaikan pertanyaan, komentar dan saran serta masukan untuk menjadi bagian dalam perbaikan