tav

07 February 2015

Ikhtiar

Ikhtiar merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah. Kita memaksimalkan kinerja seluruh indera kita untuk menjemput rahmat Allah yang begitu luas. Ikhtiar adalah kebutuhan mutlak setiap manusia yang mengaku beriman kepada Allah.

Putus asa adalah rasa rendah diri, tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah. Jiwa dan raga yang telah disempurnakan Allah terlalu murah untuk dibayar dengan rasa putus asa. Sikap pesimis menghadapi pelbagai persoalan hidup, sama artinya dengan menyangsikan kekuasaan Allah. Hanya orang-orang yang kufur nikmat yang selalu berputus asa, tidak mau berikhtiar. Padahal, ikhtiar merupakan ciri pribadi seorang mukmin.

Dengan ikhtiar, kita akan mengerahkan segala daya dan kemampuan yang kita miliki. Kita menggali potensi diri, sebagai anugerah yang telah diberikan Allah kepada kita. Oleh karena itu, ketika kita ingin mengubah keadaan, mencari solusi atas berbagai persoalan hidup yang kita alami, berharap kehidupan yang lebih baik, maka tidak ada kata lain, berikhtiarlah!

Terkecil dalam proses ikhtiar adalah merubah pola pikir yang merupakan bagian dari perubahan (hijrah) dari yang baik kepada yang lebih baik. Tidak ada alasan untuk tidak melakukan hal tersebut kecuali bagi mereka-mereka yang tidak menggunakan akalnya.

Ingatlah bahwa...ikhtiar tuh WAJIB, hasilnya hanya HAROSE,

Share This


Like This

No comments :

Post a Comment

Silahkan menyampaikan pertanyaan, komentar dan saran serta masukan untuk menjadi bagian dalam perbaikan