tav

09 February 2015

Porsional

Ada satu kalimat yang mungkin akan berguna bagi anda….bagi kita semua, bagi yang mau dan bukan sekedar dibaca :

" Manusia pasti akan mati, yang terpenting bukanlah kapan, tapi melainkan bagaimana cara anda mati ",

Anda bisa saja mati tanpa melakukan apapun, hanya melakukan sesuatu untuk kesenangan diri sendiri sambil menunggu ajal. Atau anda dapat mati dengan melakukan sesuatu yang PENTING untuk orang lain. Bukankah akan sangat bijaksana, ketika anda meninggalkan dunia ini saat menjadi seorang pahlawan ?

Saya tidak tahu apakah kumpulan kata diatas memiliki makna sama seperti yang anda rasakan. Tapi ketahuilah ada kalanya sesuatu yang sangat bijaksana menjadi tidak berarti ketika manusia memang tidak mencoba untuk mengartikannya. Walaupun kalimat kebenaran
sudah tertulis, tapi jika kita tidak mau mengartikannya. Itu hanya akan menjadi sebuah kalimat yang bahkan tidak berarti kecuali hanyalah sebuah kumpulan kata dan huruf diatas kertas.

Bukan kalimat yang paling penting untuk menggambarkan bijaksana. Tapi bagaiman anda menghayatinya! Kematian pasti akan datang, anda bisa menunggunya sambil minum kopi dan makan pisang goreng. Atau anda dapat menunggunya sambil membantu orang lain supaya dapat minum kopi dan pisang goreng.

Pilihan memang selalu ada ! Tapi keputusan selalunya hanya ada satu !

Cara paling bijaksana untuk menghadapi mati, adalah dengan memberikan sesuatu untuk orang lain. Tidak perlu uang ataupun tenaga, mungkin cukup dengan sebuah keputusan yang menyenangkan orang lain saat anda menyatakan sebuah kalimat. Akan membuat orang lain merasa lebih hidup, lebih ada dan lebih berharga.

Jadikanlah makna untuk seluruh kalimat yang anda ucapkan, jadikanlah indah untuk seluruh kata yang anda rangkaikan, jadikanlah berharga untuk semua pemberian yang anda sampaikan, jadikanlah amal untuk seluruh laku yang anda gerakan agar dikenang, karena sesuatu yang pasti akan selalu diiringi oleh sesuatu yang tidak pasti.

 Sepenggal kalimat pagi dari tetangga kampung sebelah
" Kita hidup hanya sekali, jadi bagikanlah bukan dikalikan, agar semua merasakan kehidupan kita untuk yang baik dan membaikan "



Share This


Like This

No comments :

Post a Comment

Silahkan menyampaikan pertanyaan, komentar dan saran serta masukan untuk menjadi bagian dalam perbaikan