tav

31 October 2014

EUPHORIA

(edisi pesan buat anakku)

Tentang itu, boeat anak koe.

Ada istilah dari tetangga sebelah kita
Dalam memaknai satu keberhasilan
Katanya sih euphoria
Aku tak mengerti apa itu euphoria
Tapi aku melihat bagaimana euphoria dilakukan
Dan aku mau sampaikan satu pesanku padamu
Jika kau menemui si euphoria

Nak, …
Jika kau merasa senang atas sesuatu, bergembiralah
Tapi jangan berlebih-lebihan ya
Karena yang berlebih-lebihan bukan cara keluarga kita
Secukupnya saja

Aku katakan padamu karena khawatir
Kau lupa akan tugas dan tanggungjawabmu
Terbuai oleh sanjungan dan pujian keberhasilanmu
Padahal boekan. Itu sesungguhnya ujianmu nak
Oleh karenanya sederhanakanlah sebagaimana cara keluarga kita

Nak, ….
Poen, jika kau merasa sedih, menangislah jika kau suka
Tapi juga jangan berlebih-lebihan ya !
Karena yang berlebih-lebihan itu boekan aturan kita
Sekedarnya saja hanya sebatas pelepasan emosi

Aku katakan itu padamu karena takut
Kau hanyut dan patah semangat dalam menggapai keridhoaanNya.
Aku takut kau terperosok dalam keputus-asaan
Aku takut kau terkurung karena kegagalan
Padahal, itu juga ujian bagimu nak
Oleh sebabnya, sepantasnya saja sebagaimana aturan keluatga kita

Nak, …..
Kesenangan dan kesedihan
Boekan untuk kau raih dan rayakan
Juga boekan untuk kau tepis dan hindari
Tapi mesti kau rasakan dan imani bahwa …..
Itu caraNya mendidikmu menjadi bijaksana
Karena
Mengimani yang baik dengan tidak berlebihan
Mengimani yang tidak baik dengan tidak berkesudahan
Itu Cara Termulia di keluarga kita
Pastikan itu nak dihatimu

Kampung Dalam, medio Oktober 2014



Share This


Like This

No comments :

Post a Comment

Silahkan menyampaikan pertanyaan, komentar dan saran serta masukan untuk menjadi bagian dalam perbaikan